Produk Kosmetik Populer Korea Ini Terindikasi Mengandung Bahan Berbahaya

Share:


Tak bisa dipungkiri bahwa produk-produk kosmetik dari Korea Selatan masih menjadi populer di kalangan wanita termasuk Indonesia. Tapi, kini kamu harus lebih hati-hati karena beberapa produk asal negeri ginseng ini mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Produk kecantikan dari merek-merek Korea Selatan terkemuka termasuk Skinfood, 3CE dan Etude House telah ditemukan mengandung sejumlah logam berat melebihi batas legal. Menurut tes baru-baru ini yang dilakukan oleh otoritas keamanan makanan dan obat Korea Selatan, pensil alis dan concealer cair dari delapan produsen ditemukan mengandung antimon atau yang juga dikenal sebagai kohl berlebihan.
Etude House - Drawing Eyebrow Duo
Kohl merupakan sejenis metalloid abu-abu berkilau yang partikel debunya diduga menyebabkan kanker dan kerusakan hati serta ginjal, jika terhirup atau terserap kulit. Penggunaan antimon yang berlebihan dan berkepanjangan juga dapat menyebabkan iritasi kulit dan dermatitis. Namun sayangnya logam ini masih banyak ditemukan dalam produk kosmetik dan pewarna.

Pengawas Korea Selatan mencatat 10,1 hingga 14,3 mikrogram antimon dalam sejumlah 1 gram sampel yang diuji. Brand 3CE dan Etude House menjawab telah mengambil produknya yang terindikasi dari distributor dan akan mengatur pengembalian uang untuk pelanggan yang telah membeli produk.
"Konsumen yang sudah membeli produk tersebut bisa menukarkan dengan yang lain atau mengembalikannya dengan refund penuh," ujar juru bicara Korean Ministry of Food & Drug Safety seperti dilansir Asia One.

Korean Ministry of Food & Drug Safety menarik sejumlah besar produknya yang beredar di Hong Kong. Delapan merek kosmetik yang ditarik di Hongkong antara lain Aritaum, XTM Style Homme, Black Monster, SKEDA, Makeheal, Etude House, 3CE, dan Skinfood. Sementara itu, jenis produknya antara lain Cherry Lip Pencil dari Skinfood, AC Clean-Up Mild Concealer (nomor serial: AAH) dan Drawing Eyebrow Duo No. 3 Gray Brown (nomor serial: GLG) dari Etude House, dan Eyebrow Pencil dari 3CE.

Etude House – AC Clean-Up Mild Concealer
Sementara itu, merek Etude House dan Aritaum yang bernaung di bawah grup Amore Pacific telah mengeluarkan permintaan maaf pada konsumenn. Amore Pacific mengungkapkan bahwa seharusnya pihaknya lebih memerhatikan pengendalian mutu.

"Sebagai pabrik kosmetik, kami seharusnya memberi perhatian penuh pada pengendalian mutu. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda. Kami akan mencoba sebaik mungkin untuk meminimalkan ketidaknyamanan Anda selama penarikan kembali," tulis pihak Amore Pacific.

Hati hati ya Girls..Semoga Bermanfaat :)


sumber Anggi Mayasari - wolipop


No comments

“Terima kasih sudah berkunjung di situs Lauzah, silahkan tinggalkan komentar :)”

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==