Wajah Rusak Karena Pakai Tester Makeup?

Share:
   Sudah menjadi kebiasaan umum kita coba testernya duluan sebelum beli makeupnya ya.. alasannya simple supaya tau warna yang cocok pas di kulit kita, atau karena penasaran ingin sekedar coba coba apakah nyaman atau ngga pakainya.. Mulai dari lipstik, eye shadow, bedak, sampai blush on rasanya ga puas kalo belum kita cobain semuanya satu-satu, meskipun kadang akhirnya ga ada yang jadi dibeli juga.. hahaha cape deh x) Sah sah aja sih ya namanya juga produk buat tester, memang sengaja disediakan buat di coba sama calon pelanggannya rame rame.. beruntung kalo kita jadi orang pertama yang cobain tester itu, tapi kalo ternyata kita adalah orang kesekian ribu atau juta yang pakai tester itu gimana?..

 
 Dari riset yang dilakukan oleh Departemen Mikrobiologi dari NYU Langone Medical Centre di Amerika Serikat (AS), terbukti ada satu dari lima (1:5) produk tester makeup positif mengandung parasit, jamur, dan bakteri di dalamnya yang bisa membuat kita terserang penyakit infeksi. Penelitian lain yang dilakukan oleh Rowan University di AS mengungkapkan bahwa di dalam produk tester makeup ada berbagai jenis bakteri yang membahayakan kesehatan, seperti Escheria coli dan bermacam-macam jenis bakteri Strapylococcus.


   Perpindahan bakteri bisa terjadi lewat tangan orang sebelum kita yang sudah duluan mencoba tester itu, misalnya dari kamar mandi dan tidak mencuci tangan.. maka ketika tangannya menyentuh permukaan produk tester makeup, bakteri bisa langsung berpindah dengan cepat. Bakteri itupun akan terus nempel dan berkembang biak di tester tersebut sampai kemudian tersebar ke kulit wajah orang lain yang juga mencoba produk tester makeup yang sama itu.


Infeksi kulit ringan yang sering muncul antara lain:
  • Timbul Jerawat, hal ini adalah dampak ringan yang paling sering terjadi karena infeksi kulit akibat bakteri dalam tester makeup yang kita pakai.
  • Kulit wajah memerah, infeksi bakteri pada kulit dapat menimbulkan gejala kemerahan pada wajah.
  • Impetigo, infeksi kulit akibat bakteri yang menimbulkan gejala seperti kemerahan.
  • Infeksi mata, jika bakteri ada di dalam eye shadow.
  • Flu, penularan virus ini bisa terjadi ketika kita menggunakan tester lipstik yang sebelumnya digunakan oleh orang yang terinfeksi flu.

   Resiko penularan penyakit akan menjadi semakin besar ketika semakin banyak orang yang mencoba tester makeup. Oleh karena itu agar kita bisa terhindar dari infeksi atau tertular kuman penyakit saat mencoba produk tester makeup, ada beberapa tips berikut :)

1. Pada saat mencoba produk tester, hindari penggunaan produk yang lembab.
Produk makeup seperti Lipstik, lipbalm, higlighter stik merupakan beberapa produk makeup yang paling gampang menjadi sarang bertumbuhnya bakteri.


2. Hindari mencoba produk tester pada wajah


Pastikan kamu tidak pernah mencobanya langsung pada wajah. Seperti ketika akan mencoba warna lipstik, sebaiknya memoleskan warna tersebut pada punggung atau telapak tangan saja dan segera bersihkan dengan alkohol supaya kulit  tidak terkontaminasi oleh bakteri yang ada pada tester lipstik tersebut. Bayangkan bila mencoba tester lipstik langsung ke bibir, hal tersebut sama saja dengan sengaja memindahkan sebagian besar koloni bakteri pada produk ke bibir kita.


3. Hindari penggunaan aplikator makeup bersama (misalnya kuas atau spons bedak), pilih tester makeup yang memakai aplikator seperti cotton bud yang biasanya sekali buang.


4. Bersihkan produk tester sebelum dan sesudah mencobanya

Ketika benar-benar ingin mencobanya, ketahui secara seksama produk apa yang benar-benar aman untuk dicoba. Kalaupun dalam kondisi terpaksa, terlebih dahulu usapkan tisu yang telah dibasahkan alkohol pada permukaan makeup yang akan dipakai. Dengan membersihkan menggunakan alkohol sebelum dan sesudah mencobanya, maka potensi tersebarnya virus akan semakin kecil.


5. Jangan ragu menanyakan tester baru

Sebelum kita mencoba tester makeup, ga ada salahnya untuk mengetahui ketersediaan tester makeup yang baru. Jika Ada, maka kita dapat dengan leluasa bereksplorasi mencari jenis warna hingga tekstur makeup yang tepat dengan kulit kamu tanpa perlu ragu untuk terjangkit virus yang membahayakan kesehatan. :D :D :D


Sampai jumpa di tulisan berikutnya semoga bermanfaat..be smart and beware ya kak ^_^


#HarusHalalHarusHerbal


No comments

“Terima kasih sudah berkunjung di situs Lauzah, silahkan tinggalkan komentar :)”

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==