Kenapa Sih Kita Lebih Percaya Sama Rahasia Cantik Seleb daripada Ahli?

Share:

Sudah bukan rahasia lagi jika selebriti sering berbagi rahasia hidupnya ke publik. Salah satu yang begitu dipercaya dan diikuti publik adalah rahasia cantiknya. Misalnya selebritis pakai produk A, maka orang-orang pun akan coba produk A karena melihat idolanya menggambarkan khasiat produk yang memuaskan.

Tak banyak yang mengkritisi apakah hal itu cocok untuk kulitnya atau memilih menuruti nasihat dokter serta ilmuwan. Inilah tiga sebab kita lebih percaya sama rahasia cantik seleb daripada ahlinya.

1. Selebritis punya jangkauan yang lebih luas ke hampir setiap orang dibandingkan para ahli

Karena dijangkau media besar hampir setiap saat, selebriti jadi jalan pintas kita untuk mengatasi macam-macam masalah. Apa yang harus kita lakukan terinspirasi oleh selebriti karena ia melakukannya juga dan nampak baik-baik saja. Begitulah kira-kira yang ditemukan Steven Hoffman, Ph.D. (Direktur the Global Strategy Lab, Profesor dari Global Health, Law, and Political Science York University, dan the Scientific Director dari the Canadian Institutes of Health Research’s Institute of Population & Public Health) tentang bagaimana selebriti memengaruhi keputusan kesehatan.


2. Ketika melihat selebritis, terjadilah "self conception" yang mana selebritis terlihat punya pandangan dengan kita

"Ketika kita melihat selebritis, ada fenomena psikologis yang disebut "self conception," kata Dr. Hoffman. Yang dimaksud konsep tersebut adalah kita tertarik pada selebriti yang tampak sama dengan cara kita memandang diri sendiri atau bagaimana bayangan terbaik diri kita ada di selebritis tersebut.

Kamu pun tidak hanya mengikuti rahasia cantiknya, tapi juga pola pikirnya. Sepak terjangnya dalam berbisnis dan bekerja pun jadi inspirasimu.


3. Jika ada suatu hal yang tidak kita setujui dari idola kita, secara tidak sadar kita akan mencari alasan untuk membuatnya rasional

Jika orang yang kita kagumi mengatakan hal yang tidak kita setujui, kita kerap berpikir dan mencari tahu akan hal tersebut. Pada akhirnya, kita menganggap hal tersebut rasional. Sekali lagi, karena citra yang dibawa oleh si artis baik-baik saja. Dr. Hoffman menjelaskan, "Dalam beberapa hal, orang sulit bersikap kritis pada orang yang diidolakan."

Sebut saja, kamu mengidolakan artis K. Ia punya tips diet yang tak pernah kamu dengar sebelumnya. Walaupun ia diketahui melakukan permak pada tubuh, tetap saja kamu mengikuti tipsnya. Daripada menerima kenyataan bahwa kamu punya pandangan yang bertentangan, kamu lebih memilih mengikutinya daripada merasakan ketidaknyamanan psikologis yang muncul akibat tak sependapat.

Setelah membaca tiga sebab kita lebih percaya sama rahasia cantik seleb daripada ahlinya di atas, bagaimana respon kamu? Percaya sama rahasia cantik seleb itu boleh saja! Tapi kamu harus punya second opinion dengan cari tahu lagi soal rahasia cantik itu dari yang ahli. Toh kulit orang cocok-cocokan, kan?


Sumber idntimes.com


No comments

“Terima kasih sudah berkunjung di situs Lauzah, silahkan tinggalkan komentar :)”

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==