Sudah Rutin Cuci Muka Tapi Masih Muncul Jerawat? Ternyata ini Penyebabnya

Share:

Pernah merasakan bingung kenapa wajah kita selalu kusam, jerawat tidak hilang-hilang, berkomedo atau lain sebagainya? Padahal kamu sudah rutin membersihkan wajah setiap hari? coba di cek lagi sudah benar atau belum cara membersihkan wajahnya?

Kesalahan saat mencuci muka ini dapat membuat kulit wajah kita bermasalah sehingga kamu harus tahu cara yang benar dalam mencuci muka. Disarankan dalam setiap hari kita mencuci wajah cukup 2 kali sehari untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel di wajah apalagi setelah beraktivitas seharian.

Cuci muka merupakan salah satu cara yang paling mudah dalam membersihkan wajah dari kotoran atau debu yang menempel. Meskipun pastinya sudah biasa dalam melakukan kebiasaan tersebut, tapi masih banyak orang yang melakukan berbagai kesalahan dalam mencuci wajah. Kesalahan dalam mencuci muka dapat merusak kulit dan bahkan membuat jerawatan lho!

Berikut adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang dalam mencuci muka :

1. Mencuci muka dengan telapak tangan yang kotor

Setiap harinya telapak tangan adalah bagian kulit yang paling sering melakukan kontak dengan berbagai macam benda. Kita tidak tahu benda yang sudah kita pegang itu memiliki berbagai macam kotoran dan bakteri dan itu semua berkumpul di telapak tangan kita.

Jika kamu membersihkan wajah tanpa membersihkan telapak tangan terlebih dahulu itu sama saja kamu sedang memindahkan semua kotoran dan bakteri yang ada di telapak tangan ke wajah kamu. Maka dari itu pastikan untuk membersihkan telapak tangan terlebih dahulu sebelum kamu membersihkan wajah ya.


2. Sembarang pilih produk

Banyak orang yang tidak memperdulikan produk cuci wajah yang digunakan. Sebagian besar di antara mereka menggunakan produk yang diiklankan di TV atau sekedar rekomendasi dari teman. Namun, pemilihan produk yang sembarangan dan tidak sesuai dapat menimbulkan masalah kulit wajah seperti minyak berlebih, flek hitam, jerawat, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kamu harus mengenali jenis kulit dengan baik baru kemudian mencari produk cuci wajah yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Pembersih muka yang baik adalah pembersih yang dapat menghilangkan sisa make up, debu yang menempel, menghilangkan kotoran pada wajah, serta dapat merawat kulit wajah kita seperti varian sabun herbalnya produk kosmetik DeenA yang sudah teruji khasiatnya dan terbukti aman dipakai oleh ibu hamil maupun menyusui. :D


3. Gunakan pelembap untuk kulit kering

Pelembap dapat membuat kulit kamu sebagai penghalang radikal bebas, partikel asing dan racun yang berbahaya bagi kulit. Kamu dapat mengoleskan pelembap setelah mencuci muka agar terasa lebih lembap. Pijatlah wajah secara lembut dan melingkar untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Gerakan pijat bisa dimulai dari gerakan ke atas untuk menghindari tertariknya kulit. Namun, sebelum menggunakan produk kecantikan ada baiknya jika menunggu wajah hingga benar-benar kering setelah cuci muka agar manfaat dari produk tersebut bisa lebih aktif bekerja, tidak berminyak dan tidak lengket.


4. Menggunakan suhu air yang salah

Sebagian besar orang menggunakan air panas untuk membuka pori-pori dan air dingin untuk menutup pori-pori. Namun, sebenarnya pori-pori tidak memiliki otot untuk membuka dan menutup sehingga tidak perlu melakukan hal ini karena penggunaan air panas justru dapat membuat kulit wajah iritasi dan kering. Oleh karena itu, tinggalkanlah kebiasaan ini dan gantilah dengan cara mencuci muka yang benar yakni mengganti air panas dengan air hangat agar lebih aman untuk kulit wajah.


5. Terlalu sering cuci muka atau hanya sekali dalam sehari

Manfaat cuci muka yang dapat membersihkan kotoran dari wajah membuat beberapa orang sering melakukan cuci muka, bahkan lebih dari tiga kali. Padahal, cuci muka baik dilakukan cukup 2 kali saja setiap harinya, yakni pada pagi dan malam hari.

Bahkan, bagi kamu yang tidak beraktivitas di luar ruangan, tidak berkeringat dan tidak mengggunakan make up, maka cukup membilas wajah dengan air hangat saja pada malam hari. Melakukan pencucian wajah secara sering dapat menipiskan kulit wajah dan tidak akan baik untuk kesehatan kulit.


6. Terlalu sering exfoliasi

Pada umumnya, exfoliasi dilakukan sekitar satu hingga tiga kali seminggu. Jangan melakukan hal ini secara berlebih dan sembarangan menggosok scrub karena dapat membuat kulit iritasi, pradang, infeksi dan kering. Perusakan kulit ini dapat menyebabkan jerawat pada kulit wajah.

Oleh karena itu, ada tips bagimu dalam melakukan exfoliasi agar lebih efektif untuk mengangkat kulit mati. Gunakanlah jari-jarimu dalam mengaplikasikan krim exfoliator dengan handuk yang lembap guna mencegah tergores atau tertariknya kulit. Kamu juga bisa memijat secara melingkar dengan lembut agar mendapatkan hasil yang maksimal. Inilah efek samping mencuci muka terlalu sering.


7. Membilas secara terburu-buru

Sebagaimana dengan mandi kilat dan pastinya tidak akan baik karena hal ini tidak akan efektif dalam menghilangkan minyak dan kotoran yang ada pada wajah. Agar kulit wajah tetap prima maka luangkan waktu minimal dua menit untuk mencuci wajah dengan benar.

Berikan pijatan lembut pada bagian dahi dan hidung yang biasanya lebih banyak memproduksi minyak. Tips yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan milk cleanser dengan mengusapkannya secara perlahan dan melingkar ke atas di seluruh wajah. Lakukan cara ini sekitar tiga puluh detik untuk memecah sisa make up dan minyak.


8. Produk berbahan kimia

Produk kecantikan dengan bahan kimia harus lebih diwaspadai agar tidak salah dalam memilih produk cuci muka. Lihatlah apa saja komposisi dari produk tersebut apakah komposisinya aman atau tidak seperti pewarna, pengharum, dan parabens. Hindari pemilihan dengan komposisi deterjen berkonsentrasi tinggi, sodium lauril sulfat atau SLS. Kedua bahan ini dapat berisiko untuk terjadinya iritasi dan reaksi alergi pada kulit wajah.

Gunakan produk berbahan alami Herbal seperti habbatussauda, olive oil, propolis, dan bahan bahan alami lain sebagai zat Aktifnya seperti yang terkandung pada produk perawatan wajah DeenA Total Cosmetic Solution. :)



9. Melewatkan face oil

Sebagian besar orang menganggap jika minyak adalah musuh utama dari kulit berminyak. Ahli dermatologis dan kecantikan menjelaskan bahwa minyak begitu bersahabat dengan semua jenis kulit dan umumnya, minyak akan larut jika bertemu sesama minyak.

Oleh karena itu, dengan adanya minyak ini akan memecah bakteri dan kotoran penyebab jerawat yang sering timbul pada wajah berminyak. Selain itu, kelembapan kulit juga akan terjaga sehingga akan terjadi keseimbangan kadar pH pada kulit wajah.


10. Kebiasaan menggosok

Semua jenis kulit haruslah berhati-hati dalam mengaplikasikan masker, pembersih ataupun exfoliant. Sembarangan menggosok kulit wajah atau terlalu kencang dapat menarik kulit. Oleh karena itu, janganlah menggosok kulit wajah dengan kencang dalam kondisi kering karena dapat mempengaruhi elastisitas kulit wajah. Tunggulah wajah mengering sendiri setelah mencuci muka atau kamu bisa menepuk-nepuknya saja dengan handuk bersih.


11. Produk mahal pasti lebih ampuh

Banyak orang yang mengatakan bahwa produk mahal akan lebih ampuh dalam memberikan manfaatnya. Namun, jangan hanya berburu produk cuci muka yang mahal atau branded untuk bisa membersihkan wajah secara maksimal. Sebenarnya, pemilihan produk cuci muka ini tidak harus mahal.

Akan lebih baik jika kamu memilih produk kecantikan sesuai dengan kondisi kulit wajah dan kebutuhan. Kamu juga bisa menggunakan pembersih lebih sederhana dengan bahan alami dan kandungan yang bermanfat dalam jangka panjang, seperti merk kosmetik herbal DeenA rekomendasinya para wanita muslimah tanah air.

Sabun Wajah DeenA Herbal Black Walet Plus

12. Mencuci wajah tanpa membersihkan make up terlebih dahulu

Jika sebelumnya kamu sedang menggunakan make up pada wajahmu seharian, maka kamu harus membersihkannya. Namun tidak sedikit dari kita yang keliru dengan tahapan dalam membersihkan wajah yang sedang menggunakan make up.

Sebelum mencuci muka, kamu harus menghapus make up terlebih dahulu dengan pembersih make up atau make up removal. Membersihkan dengan make up removal akan membantu kita untuk membeshikan make up yang menempel pada pori-pori kulit wajah.


13. Menggunakan handuk kasar

Setelah membersihkan wajah jangan menggunakan handuk dengan bahan yang kasar, hal ini bisa mengakibatkan wajah iritasi. Gunakan handuk khusus untuk wajah yang berbahan lembut. Tips bagi kamu adalah bedakan antara handuk biasa dengan handuk khusus wajah untuk menghindari bakteri menempel pada kulit wajah kita.


Lakukanlah cuci wajah dengan benar atau kulit wajah akan mengalami beberapa masalah seperti jerawat, kusam, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulitmu juga pastikan dan wajib cek selalu ketika memilih produk perawatan kosmetik yang akan kita pakai. Apakah produk itu sudah benar-benar terdaftar dan memiliki ijin lengkap Dinas Kesehatan, BPOM resmi, dan Halal MUI seperti produk perawatan herbal kosmetik DeenA?

Klik disini untuk Konsultasi Gratis ^_^


Semoga bermanfaat
Salam Cantik ala Kosmetik Herbal :)

#HarusHalalHarusHerbal
#LauzahCosmetics


Sumber hariangadis.com


No comments

“Terima kasih sudah berkunjung di situs Lauzah, silahkan tinggalkan komentar :)”

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==